gearbox reducer

gearbox reducer

Serba-serbi yang Perlu Anda Ketahui tentang Gearbox Reducer

 

 

 

Memilih Gearbox Reducer yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin Anda, bukanlah perkara yang mudah. Hal ini bisa saja menjadi sangat menyulitkan karena banyaknya pilihan jenis Gearbox Reducer yang tersedia di pasaran saat ini. Selain tidak efisien dari segi harga (mahal), melakukan kesalahan dalam memilih Gearbox juga berarti tidak efektif dari segi kegunaan karena gearbox akan menjadi sia-sia dan tidak terpakai.

 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memilih Gearbox Reducer yang tepat, alangkah baiknya Anda mengetahui apa itu Gearbox Reducer, Apa saja fungsinya, masalah-masalah apa saja yang sering terjadi pada Gearbox Reducer, dan tips memilih Gearbox Reducer yang tepat.

 

Apa Itu Gearbox Reducer?

 

Gearbox Reducer adalah komponen utama motor yang diperlukan untuk menyalurkan daya atau torsi (torque) mesin ke bagian mesin lainnya, sehingga unit mesin tersebut dapat bergerak menghasilkan sebuah pergerakan baik putaran maupun pergeseran, serta mengubah daya atau torsi (torque) dari motor yang berputar menjadi tenaga yang lebih besar.

 

Apa Sajakah Fungsi Gearbox Reducer?

 

Secara umum, Gearbox Reducer atau yang lebih dikenal dengan “sistem pemindah tenaga” memiliki beberapa fungsi sebagai berikut :

  • Memindahkan dan mengubah daya atau tenaga dari motor yang sedang berputar, yang digunakan untuk memutar spindel mesin, maupun melakukan gerakan feeding
  • Mengatur kecepatan gerak dan torsi, serta berbalik putaran sehingga dapat bergerak maju mundur
  • Mereduksi/mengurangi kecepatan putar untuk mendapatkan beban yang lebih besar
  • Mengubah momen puntir yang akan diteruskan ke spindel mesin
  • Menyediakan rasio gigi sesuai dengan beban mesin
  • Menghasilkan putaran mesin yang tanpa selip

 

Sementara fungsi khusus Gearbox dalam Pumping Unit adalah untuk menyalurkan tenaga dari electrik motor ke seluruh komponen pumping unit dengan cara menurunkan kecepatan putar dan menaikkan daya atau torsi (torque).

 

 

Lalu, Masalah-masalah Apa Saja yang Sering Terjadi Pada Gearbox Reducer?

 

Dalam pemakaian Gearbox Reducer sering dijumpai beberapa masalah-masalah sebagai berikut :

 

READ  Gearbox motovario di Kraksaan | Mungkid | 0858-1763-9272

1. Leak

 

Leak merupakan masalah kebocoran yang sering terjadi pada gearbox reducer. Leak bisa dilihat dari banyaknya oli yang tumpah pada housing gearbox. Pada umumnya, leak tidak berpengaruh pada kerja dari gearbox itu sendiri. Akan tetapi, jika dibiarkan terus-menerus, maka oli di dalam gearbox akan berkurang dan mengakibatkan kerugian secara materi.

 

Leak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :

  • Penguncian bolt and nut yang kurang kuat pada housing gearbox
  • Gasket, Oil Seal, dan Oring yang kurang memadai

 

Untuk cara mengatasinya, Anda hanya perlu melakukan penggantian gasket, oilseal, dan oring.

 

2. Noise

 

Noise adalah permasalahan dimana gearbox mengeluarkan suara bising (keras) yang tidak seperti biasanya. Noise hanya bisa didengar. Jika dibiarkan terus-menerus, akan menyebabkan masalah yang serius yaitu kerusakan pada gearbox itu sendiri.

 

Noise biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah :

  • Rusaknya bearing atau bearing yang termakan
  • Gear tidak center dan tidak menyatu.

 

Sebelum melakukan perbaikan, gearbox dites di atas running test machine terlebih dahulu untuk mengetahui bagian manakah yang mengalami kerusakan (bearing, gear atau bagian shaft nya).

 

Untuk mengatasinya, perlu dilakukan penggantian material yang rusak. Akan tetapi, setelah selesai perbaikan, perlu dilakukan testing kembali pada gearbox untuk menguji kualitas suara gearbox.

 

3. High Noise

 

High noise adalah permasalahan dimana gearbox mengeluarkan suara yang sangat bising. Suaranya jauh lebih keras dibandingkan dengan noise. Jika dibiarkan bisa berakibat lebih fatal daripada masalah noise dan bisa berujung pada junkyard (tempat barang rongsokan).

 

Untuk faktor penyebab dan cara mengatasinya sama dengan problem noise. Namun, apabila biaya yang dikeluarkan untuk penggantian materialnya sangat tinggi, akan lebih baik membeli gearbox baru.

 

4. Broken

 

Broken berarti gearbox reducer dalam keadaan rusak berat. Broken bisa terjadi karena masalah noise ataupun high noise yang dibiarkan terlalu lama tanpa adanya penanganan/perbaikan.

 

Jika terjadi broken, maka gearbox sudah tidak dapat digunakan lagi dengan layak sebelum adanya perbaikan. Cara mengatasi broken adalah dengan melakukan penggantian material.

READ  Gearbox motovario di Kraksaan | Karanganyar | 0858-1763-9272

 

Bagaimana Tips Dalam Memilih Gearbox Reducer Agar Tetap Awet?

 

Tidak mudah untuk mengetahui tipe Gearbox Reducer yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin Anda, oleh karena itu sangat penting untuk menghubungi supplier gearbox secara langsung untuk mendapatkan konsultasi secara mendetail mengenai Gearbox.

 

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih Gearbox Reducer, meliputi :

 

1. Jasa Servis

 

Tidak semua jasa servis mampu menangani Gearbox Reducer, apalagi untuk tipe tertentu seperti Helical Gearbox, NMRV 040, WPX, WPA, dan Motovario, yang membutuhkan keahlian khusus. Mengingat harga gearbox reducer jenis ini relatif mahal dan hanya sedikit supplier yang mampu memberikan support service untuk jenis-jenis gearbox seperti ini.

 

2. Gearbox Reducer Ratio

 

Pemilihan gearbox reducer adalah bagian penting dari sistem transmisi tenaga mekanis, yang digunakan untuk konversi kecepatan dan torsi. Langkah pertama adalah mengetahui torsi dan kecepatan yang dibutuhkan serta jenis motor yang paling cocok untuk digunakan. Kemudian, bisa ditentukan apakah gearbox reducer diperlukan dalam kasus tertentu. Jika demikian, langkah selanjutnya adalah memilih jenis dan gearbox reducer ratio (perbandingan) yang tepat.

 

3. Overhung

 

Harga gearbox reducer yang beragam dan relatif tinggi menyebabkan produsen gearbox biasanya menyertakan daftar nilai maksimal overhung untuk tiap unit gearbox dan informasi mengenai spesifikasi dan kemampuan torsi gearbox pada saat konsultasi. Kalau nilai di aplikasi melewati batas, naikkan ukuran gearbox untuk mengakomodasi overhung.

 

4. Pelumas & Temperatur

 

Kesesuaian antara gearbox reducerdengan pelumas bisa menentukan umur gearbox reducer itu sendiri. Beberapa tipe gearbox reducer umumnya memakai pelumas spesifik untuk mendapatkan hasil terbaik ketika dipakai.

 

Jika terpapar temperatur yang ekstrim, gearbox juga berpeluang aus. Dengan temperatur tinggi dapat meningkatkan tekanan internal sehingga membutuhkan banyak servis, sementara dengan temperatur rendah bisa menyebabkan pelumas menjadi kental.

 

5. Perakitan

 

Sebelum dirakit, ukuran gearbox dan kapasitasnya sudah harus ditentukan. Masalah yang sering muncul adalahbanyaknya konfigurasi dari gearbox reducer  untuk tiap unitnya. Jangan sampai Anda terkecoh dengan harga gearbox yang murah, karena belum tentu sesuai.

READ  Gearbox motovario di Bondowoso | Purworejo | 0858-1763-9272

 

6. Output Mekanis

 

Konfigurasi output mekanis yang berbeda dapat memicu overhung yang berlainan. Terkadang efeknya hanya di satu komponen saja, kadang juga bisa menyeluruh. Pada kondisi tertentu, kerusakan output mekanis bisa menjadi semakin parah. Dan hal ini harus jadi pertimbangan ketika membeli gearbox reducer.

 

8. Output shaft

 

Dalam memilih gearbox reducer harus ada pertimbangan lain yaitu menyangkut output shaft sebagai komponen penting gearbox. Ketika mengukur aplikasi, sebisa mungkin output shaft harus sesuai. Salah mengambil ukuran bisa membuat gearbox reducer menjadi tidak berguna.

 

9. Jenis Dudukan

 

Penting untuk memperhatikan jenis dudukan yang ada pada gearbox. Ada banyak tipe dudukan pada gearbox dari produsen yang berbeda-beda. Namun, terkadang beberapa dudukan tidak mendukung gearbox itu sendiri, jadi lebih baik Anda melihat dengan lebih teliti.

 

Pembeli perlu memperhatikan ukuran dudukan setiap gearbox, karena walaupun dengan tipe yang sama dapat berbeda ukuran. Disarankan untuk membeli gearbox dari satu supplier terpercaya untuk mencegah kesalahan ukuran pembelian.

 

10. Efisiensi

 

Dalam memilih gearbox reducer, Anda harus melihat dari segi nilai efisiensi gearbox itu sendiri. Contohnya, jika dibandingkan antara worm gearbox dengan planetary gearbox, tentunya tipe planetary gearbox lebih efisien dalam mereduksi kecepatan hingga 98%, karena tipe ini mampu memberi rasio tinggi dan mentransmisikan torsi tiga kali lebih cepat.

 

Nah, itu tadi sedikit ulasan mengenai Gearbox Reducer. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih Gearbox Reducer yang tepat sesuai kebutuhan mesin Anda.

 

Memperkenalkan PT.Multi Teknik Telaga Indonesia, salah satu SOLE AGENT merupakan distributor Gear Motor terbesar di Indonesia yang ready stock serta mengedepankan kualitas dan harga.Serta dilengkapi dengan Jaminan Purna Jual (Garansi) & suku cadang yang lengkap.

 

Masih bingung mencari supplier Gearbox Reducer terpercaya?

  1. Multi Teknik Telaga Indonesia jawabannya!

 

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

WhatsApp chat